Random Post

Memuat...

Breaking News

Don't Forget

Pererat Tali Silaturahmi Dengan Meninggalkan jejak di KOMENTAR.. KOMENTAR.. KOMENTAR

Latest Post

TUJUAN DARI BELAJAR ADALAH TERUS TUMBUH, AKAL TIDAK SAMA DENGAN TUBUH, AKAL AKAN TERUS BERTAMBAH SELAMA KITA MASIH HIDUP... TERUS SEMANGAT, BELAJAR... BELAJAR DAN BELAJAR..

Rabu, 09 November 2016

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

Tujuan Pendidikan Nasional adalah tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional. Tujuan yang dimaksud adalah meningkatkan kecerdasan serta harkat dan martabat bangsa, mewujudkan manusia serta masyarakat Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, mandiri sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya serta dapat memenuhi kebutuhan Pembangunan Nasional dan bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.



Untuk mewujudkan tercapainya tujuan Pendidikan Nasional tersebut, dapat dilakukan melalui berbagai jalur. Jalur kegiatan Ekstra kurikuler adalah kegiatan pendidikan diluar mata pelajaran dan pelayanan konseling yang merupakan wahana pengembangan pribadi peserta didik melalui berbagai aktifitas sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan materi kurikulum sebagai bagian tak terpisahkan dari tujuan dan untuk menunjang pencapaian tujuan pendidikan di seluruh lembaga pendidikan.
a) Tujuan

Pembinaan siswa malalui jalur ekstrakurikuler bertujuan :
1. Agar siswa dapat memperluas wawasan tentang keilmuan dan kemampuan berbahasa
2. Agar siswa dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan, mengenal hubungan antara
berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat melengkapi upaya pembinaan manusa seutuhnya dalam arti :
a. Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b. Berbudi pekerti luhur
c. Memiliki pengetahuan dan keterampilan’
d. Sehat jasmani dan rohani
e. Berkepribadian yang mantap dan mandiri
f. Memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan
3. Agar siswa dapat memantapkan kepribadiannya, dan mengkaitkan pengetahuan yang diperolehnya dengan lingkungan
4. Membentuk pribadi yang beriman dan bertaqwa dengan memiliki cirri-ciri kepribadian muslim yang berwawasan islami dan keterampilan dakwah
5. Menyalurkan bakat dan minat siswa, meningkatan daya tahan tubuh dan prestasi, serta daya kreasi dan menumbuhkan suasana refreshing melalui kegiatan seni dan olahraga agar dapat mendukung keberhasilan belajarnya.
b) Bentuk dan Sasaran

Pembinaan kesiswaan jalur kegiatan ekstrakurikuler berbentuk penyelenggaraan pembinaan khusus di luar program kurikuler yang dibina oleh Pembina/Pelatih yang ditunjuk oleh Kepala Madrasah dengan pelaksanaan yang terprogram, rutin, dan terpantau, dibawah koordinasi Pembina ekstrakurikuler.
Berikut ini yang merupakan bentuk kegiatan ekstrakurikuler seperti :
1. Individual, yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti peserta didik secara perorangan
2. Kelompok, yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti peserta didik secara kelompok
3. Klasikal, yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti peserta didik dalam satu kelas
4. Gabungan,yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti peserta antar madrasah
5. Lapangan, yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti seorang atau sejumlah peserta didik melalui kegiatan diluar kelas atau dilapangan.

Sumber : Buku Pedoman IPOSISTAS Sebelum revisi

Tidak ada komentar:

Designed By